Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 Setiap hari
Beranda » Artikel Terbaru » Tahapan – Tahapan Proses Melahirkan Normal

Tahapan – Tahapan Proses Melahirkan Normal

Diposting pada 21 November 2013 oleh 15menit

Proses melahirkan normal merupakan proses alami yang luar biasa dalam sebuah kelahiran seorang bayi. Untuk ibu yang tengah mengandung anak pertamanya, pastinya mendambakan bisa melahirkan secara normal tanpa perlu adanya jahitan-jahitan. Selain itu apabila seorang ibu bisa melahirkan dengan normal maka proses penyembuhan pasca melahirkan juga akan lebih cepat.

Jadi selama proses melahirkan secara normal, biasanya kepala seorang bayi akan menghadap ke bawah. Bayi tersebut siap keluar dengan kepalanya terlebih dahulu. Dalam beberapa kasus, ada juga kepala bayi yang tidak menghadap ke bawah atau yang biasa kita kenal dengan sebutan sungsang. Akan tetapi seiring berkembangnya jaman hal ini sudah jarang terjadi sebab posisi bayi bisa dipantau melalui USG.

Tahapan – Tahapan Proses Melahirkan Normal

proses-melahirkan-normal

Lalu bagaimana proses melahirkan normal tersebut?

– Tahap pertama

Dalam tahap ini ibu akan mengalami kontraksi rahim yang jaraknya semakin dekat atau setiap 5 menit sekali. Setelah itu bagian awal rahim akan semakin membesar atau yang diukur dengan istilah bukaan. Jadi totalnya ada 10 bukaan, yang mana bukaan pertama berarti mulut rahim terbuka 1 cm. Sementara untuk bukaan 10 berarti sudah terbuka 10 cm dan persalinan tersebut bisa dilakukan setelah bukaan ke 10.

– Tahap kedua

Tahap kedua ini terjadinya kontraksi akan semakin kuat dan semakin sering. umumnya kepala bayi semakin mendekat ke awal saluran dan menyebabkan ketuban pecah sehingga airnya keluar. Kadang air tersebut belum pecah sebelum ibu tiba di rumah sakit atau bahkan terkadang ketuban tersebut harus dipecah oleh dokter.

Setelah itu ujung kepala sang bayi akan muncul dan sedikit menyembul keluar. Pada saat itu mata bayi pun akan mulai berkedip serta mulutnya bergerak layaknya sedang menyusui. Biasanya bayi keluar dengan kepala menghadap ke punggung sang Ibu. Setelah kepalanya keluar maka kepala tersebut berputar arah dan kemudian disusul dengan keluarnya bahu hingga kakinya. Demikian ini merupakan kontraksi terakhir dan sang bayi akan keluar sepenuhnya. Setelah itu tali pusar dipotong tanpa merasakan sakit.

– Tahap ketiga

Dalam tahap ini proses melahirkan diiringi dengan keluarnya plasenta. Umumnya plasenta ini akan keluar 15 menit setelah sang bayi keluar.

Jadi ada baiknya seorang ibu yang hendak melahirkan mengetahui bagaimana proses melahirkan seorang bayi secara normal. Dengan demikian Ibu akan merasa lebih siap untuk mempersiapkan segalanya termasuk mental dalam menjalani proses melahirkan normal.



Bagikan informasi tentang Tahapan – Tahapan Proses Melahirkan Normal kepada teman atau kerabat Anda.

Tahapan – Tahapan Proses Melahirkan Normal | Scofany Aksesoris

Komentar dinonaktifkan: Tahapan – Tahapan Proses Melahirkan Normal

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami

Kontak Scofany Aksesoris

Hotline : 0822 2026 3836
SMS : 0822 2026 3836
BBM : 5528B487
Whatsapp : 0822 2026 3836
Line : scofany
Email : scofany@gmail.com
Facebook : aksesoris.scofany
Twitter : scofany
Instagram : scofany
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan